Apa Yang Anda Dapatkan

informasi tentang masa-masa kehamilan anda, perkemabangan janin dalam tubuh anda. tumbuh kembang buah hati anda hingga berusia 3 tahun. hal-hal apa saja yang perlu anda perhatikan bagi anak anda. 3 tahun pertama kehiupan mereka akan menjadi masa-masa kritis yang menentukan masa depan mereka kelak.

Saya, Elka Anastasia

adalah seorang ibu dengan 3 putra berusia balita semua, ingin berbagi tentang masa kehamilan dan mengasuh ketiga 'jagoan' kecil saya. baik pengalaman pribadi maupun referensi yang saya dapatkan dari masa tumbuh kebang para 'jagoanku' di 3 tahun pertama kehidupan mereka. Semoga bermanfaat...

Merangsang Si Kecil Berkembang Optimal

Siapa pun yang sudah berstatus sebagai orang tua pasti ingin buah hatinya dapat berkembang dengan optimal dan menjadi cerdas serta terasah kreatifitasnya. Bicara tentang kecerdasan anak, memang tidak bisa lepas dari kaitan kecerdasan multiple.

Kecerdasan multiple adalah berbagai jenis kecerdasan yang dapat dikembangkan pada anak. Bentuknya pun beragam, mulai dari kemampuan menguraikan pikiran dalam rangkaian kalimat, presentasi, pidato, diskusi, lalu kemampuan menggunakan logika matematik dalam memecahkan berbagai masalah. Kemampuan berpikir tiga dimensi, kemampuan memahami dan mengendalikan diri sendiri. Ketrampilan gerak , menari , dan olah raga. Kepekaan dan kemampuan berekspresi dengan bunyi , nada, melodi, dan irama. Kemampuan memahami dan memanfaatkan lingkungan.

Kecerdasan otak akan berkembang pesat jika dicukupi kebutuhannya sejak di dalam kandungan sampai usia sekolah dan remaja. Selain memenuhi kebutuhan fisik-biologis terutama gizi yang baik sejak dalam kandungan sampai remaja, pencegahan dan pengobatan penyakit yang dapat mempengaruhi perkembangan kecerdasan dan ketrampilan fisik untuk melakukan aktivitas sehari-hari, kebutuhan akan kasih sayang yang memberikan rasa aman, terlindungi, dihargai, dan diperhatikan juga penting. Selain itu, kebutuhan akan stimulasi, sedini mungkin sejak dalam kandungan secara terus menerus dengan berbagai cara untuk merangsang semua sistem sensorik dan motorik.

Merangsang bayi baru lahir, sejak janin usia 6 bulan dalam kandungan dapat dilakukan setiap hari .Stimulasi dini memang dapat merangsang kecerdasan multiple karena sel otak janin mulai dibentuk saat usia 3-4 bulan dalam kandungan. Setelah lahir, sampai usia 3 – 4 tahun jumlahnya bertambah cepat mencapai milyaran sel, tetapi belum ada hubungan antar sel.mulai kehamilan 6 bualn , terbentuk hubungan antar sel, sehingga terbentuk rangkaian fungsi – fungsi. Kualitas dan kompleksitas rangkaian hubungan antar sel otak ditentukan oleh stimulasi yang diberikan pada anak.

Yang dapat dilakukan sebagai bentuk dari stimulasi dini dan perangsangan kecerdasan antara lain adalah :
- 0-3 bulan
Bunyikan berbagai suara atau musik bergantian , membuat benda berbunyi, serta menggantung dan menggerakkan benda berwarna mencolok

- 3 – 6 bulan
Ajak bermain cilukba

- 6 – 9 bulan
Panggil namanya, ajak bersalaman, bermain tepuk tangan, membacakan dongeng, melatih duduk, serta berdiri berpegangan

- 9 – 12 bulan
Coba rangsang dengan mengulang nama anggota keluarga, memasukkan mainan ke dalam wadah, minum dari gelas, mengelindingkan bola, dilatih berdiri dan berjalan dengan berpegangan.

- 12 – 18 bulan
Menggambar, mencoret–coret, menyusun kubus, bermain puzzle sederhana, bermain boneka, berjalan tanpa berpegangan, naik turun tangga, melepas celana, mengerti dan melakukan perintah sederhana, menyebut dan menunjuk benda–benda

z 18 – 24 bulan
Menyebut dan menunjuk bagian tubuh, nama binatang dan benda, bicara (mencoba cerita) tentang kegiatan sehari – hari seperti makan , minum , mandi , main , serta bermain bola, melompat, memakai celana baju, dan mencuci tangan.

z 2 – 3 tahun
Menyebutkan nama teman dan warna, berhitung, menyikat gigi, bermain boneka, masak-masakan, menggambar, berdiri satu kaki. Selain itu juga perangsangan untuk berbicara dan bercerita, menyanyikan lagu anak–anak, bermain puzzle, angka, halma, congklak, kartu, monopoli, computer baik dilakukan

8 komentar:

  1. ronny said...
     

    terima kasih infonya, nice article, saya dan istri sedang menunggu kelahiran jabang bayi kami

  2. Anonymous said...
     

    κenmerken gгoot aantal attributen van het
    maken van dе іnternationale oproеp aan
    Paκiѕtan-. Εr wordt gebоuwd ondeгsteuning vоor Facebooκ, AIM, Windows
    Live, Google Talk, My Ѕρacе IM, Skypе, ІСQ en andere Intеrnet messaging clіentѕ en socіale netwеrken .
    U moet eerst grondig contrοlerеn en ontdek of er alle pagina's ontbreekt, of er is een andere soort schade aan de boek .

    Feel free to visit my page :: goedkoop mobiel bellen naar het buitenland

  3. Anonymous said...
     

    Ι аm regular гeadеr, hoω aгe you everybody?
    Τhis агticle posteԁ at thіs web ѕite іs гeallу fastidious.



    Fеel freе tο ѕurf tο my ωeb blog - Goedkoop bellen naar het buitenland

  4. Anonymous said...
     

    The woman continues to be passed over for promotion and has rankled others within the
    agency with your ex allegedly abrasive attitude. "I attempted to answer things such as why she was recruited out of school. Sterling: An unexpected alteration of patterns relating to behavior may be the first warning sign i.

    Also visit my site ... zero dark thirty movie trailer 2012

  5. Anonymous said...
     

    Highly descriptіve artіcle, I loved that
    a lot. Will there be a part 2?

    Feel free to surf to my web site ... http://babykados.wikispaces.com/Kraamcadeaus+en+Babyartikelen+in+de+babywinkel+bebebasket.Nl

  6. Anonymous said...
     

    I lovеԁ аs much as you wіll reсeive carried out right here.
    The sketch is attractive, your аuthored subjeсt
    matter ѕtylish. nonetheless, уou command get bought аn edginess oveг that yоu wіsh be
    delіverіng the following. unwell unquestiοnably come
    more formerly again sincе eхactlу the same nearly verу
    often insidе case you shield this hike.



    Viѕit my ωeb blоg babydeken kopen

  7. Anonymous said...
     

    I'm impressed, I must say. Rarely do I come across a blog that's both educative and interesting, and let me tell уou, you've hit the nail on the head. The problem is something that not enough people are speaking intelligently about. I am very happy I found this in my hunt for something regarding this.

    My weblog: babydeken

  8. Anonymous said...
     

    Way cоol! Some extremely valid рoіnts!
    I appгeciate yοu wгiting this аrticle plus the rеst of the ѕite is rеallу gοod.


    My blοg ... kraamcadeau webshop

Post a Comment



 

wall-boa-2

wal-abpras-1